Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

24 October 2008

Riset Tipe Konstruksi Arsitektur Vernakular

Kembali menulis. Kembali berbagi dan berharap feedback dari teman-teman, utamanya yang sedang melakukan penelitian dalam ruang arsitektur lingkungan binaan, ataupun yang mendedikasikan kearsitekturannya untuk membangun arsitektur yang berwawasan lingkungan. Sebuah riset konstruksi rumah masyarakat di Pasuruan, Jawa Timur. Penelitian ini dilakukan tahun 2006 di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Pada rumah-rumah rakyat Madura yang telah bermigrasi ke daerah lain (baca Madura pedalungan) ditemukan perubahan yang cukup signifikan pada beberapa bagian rumah,diantaranya fasade dan sistem konstruksi. Perubahan ini terjadi karena adanya akulturasi dan asimilasi dengan penduduk setempat, atau pola hubungan sosial yang berkembang di daerah setempat dan turut mempengaruhi bentuk arsitektur rumah madura tradisional yang asli yang terdapat di Madura. Jejak-jejak asli bentuk rumah Madura tradisionalnya masih dapat ditemukan, namun masuknya sistem konstruksi arsitektur lain tidak dapat dihindari, seperti inskripsi arsitektur kolonial.

Jenis Penelitian yang saya pakai dalam riset ini adalah penelitian kualitatif, dengan melihat interaksi simbolik dari suatu gejala dengan gejala lain yang ditafsir berdasarkan pada budaya yang bersangkutan dengan cara mencari makna semantis universal dari gejala yang sedang diteliti. Dalam penelitian ini saya mengambil sampel penelitian terbatas untuk lebih menekankan pada kualitas sampel. Beberapa quissionaire dan wawancara serta alat-alat pendukung penelitian seperti data Primer, sekunder dan tersier juga di gunakan untuk menghasilkan kualitas penelitian dalam penerapan tipologi.

Mudah-mudahan publikasi ilmiah ini turut melengkapi daftar penelitian mengenai sistem konstruksi arsitektur tradisional nusantara dalam lingkup arsitektur lingkungan binaan. Publikasi ilmiah penelitian saya akan terus saya update, dan mudah-mudahan dapat saya posting di blog ini, dan bisa share dengan rekan-rekan peneliti dibidang arsitektur vernakular dan lingkungan binaan.


Jurnal ilmiah selengkapnya dapat di unduh di
http://www.ziddu.com/download/2482290/Sophian_RisetTipologiKonstruksi.pdf.html

2 comments:

  1. arsitektur vernakular is the best....
    tukaran link donk

    ReplyDelete
  2. kang erman: monggo mas.. kalo kang erman ada link-nya mohon di umpankan ke sy, biar sy menambah referensi dan pengetahuan sy yg masih sedikit ttg vernakular..

    ReplyDelete

Umpan-Balik: